Sebenarnya kurikulum baru ini mengajarkan bagaimana para guru harus bisa menguasai tekhnologi dan mengikuti jaman meskipun dengan berbagai keterbatasan yang ada untuk disampaikan kepada peserta didiknya, bukankah salah satu tujuan guru itu untuk mewujudkan murid yang bisa bersaing dimasa depan. disini saya akan coba membahas sedikit tentang langkah-langkah pembelajaran baku di dalam kurikulum 2013 ini yang mungkin sudah diracik sebelumnya oleh para ahli dan kita pasi meyakini ini sudah menjadi kurikulum yang terbaik untuk diterapkan dinegara kita tercinta ini. Mungkin banyak pro dan kotra di masyarakat khususnya para guru yang berada didaerah terpencil yang mengeluh karena ketidaktahuan mereka dan dengan sejuta kekurangan fasilitas yang ada, alhasil anak murid kita yang jadi korbannya.
Langsung saja ini sedikit penjelasan tentang langkah-langkah pembelajaran kurikulum13 :
Didalam pembelajaran Kurikulum 13 ini menyentuh tiga ranah, yaitu : Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan
Jadi kurikulum 2013 itu menekankan pada dimensi pendagogik modern dalam pembelajaran yaitu melalui pendekatan scientific ( ilmiah ), pendekatan ilmiah ( scientific approach ) dalam pembelajaran sebagaimana yang dimaksud meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba dan membentuk jaringan untuk semua mata pelajaran.
Mungkin itu saja untuk postingan saya kali ini, disini saya masih belajar jadi kalau masih ada kesalahan mohon bimbingannya, Terimakasih,
Langsung saja ini sedikit penjelasan tentang langkah-langkah pembelajaran kurikulum13 :
Didalam pembelajaran Kurikulum 13 ini menyentuh tiga ranah, yaitu : Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan
Hasil belajar menghasilkan siswa yang Produktif, Inovatif, Kreatif dan Afektif melalui penguatan sikap keterapilan dan pengetahuan yang terintegrasi.
- Ranah Sikap menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik " tahu mengapa "
- Ranah Keterampilan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik " tahu bagaimana "
- Ranah Pengetahuan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik " tahu apa "
- Hasil akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan untuk kemampuan agar menjadi manusia yang baik ( soft skills ) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak ( hard skills ) dari peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan.
Mungkin itu saja untuk postingan saya kali ini, disini saya masih belajar jadi kalau masih ada kesalahan mohon bimbingannya, Terimakasih,