SPEKTRUM
KURIKULUM 2013
PROGRAM KEAHLIAN : ADMINISTRASI PERKANTORAN
PAKET KEAHLIAN
: ADMINISTRASI PERKANTORAN
MATA PELAJARAN : OTOMATISASI
PERKANTORAN
Satuan Pendidikan :
SMK
Kelas : X
Kompetensi Inti:
KI 1: Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2: Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
1.
2.
|
1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Penerapan penggunaan panca indera sebagai
sarana untuk berkarya secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai
agama yang dianut
1.3 Meyakini bahwa bekerja adalah salah satu
bentuk pengamalan perintah Tuhan yang harus dilakukan secara sungguh-sungguh
|
|||||||
2.1
Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran
menyiapkan, menggunakan otomatiasi perkantoran
2.2 Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur ,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)
dalam melakukan pembelajaran sebagai bagian dari sikap ilmiah
2.3 Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap kerja
2.4 Memiliki Sikap proaktif dalam melakukan
kegiatan otomatisasi perkantoran
|
||||||||
Semester 1
|
||||||||
3.1.
Menjelaskan cara mengetik (keyboarding)
dengan tepat dan tepat
4.1.
Mengoperasikan cara mengetik (keyboarding) dengan tepat dan tepat
|
1. K3 Perkantoran, syarat-syarat ergonomic : luas ruang kerja, sikap
duduk dan letak jari; bentuk dan ukuran kursi, tempat istirahat kaki; posisi
layar; keyboard dan mouse, map dokumen, radiasi layar komputer, pencahayaan,
kebisingan
2. Mengetik 10 jari dengan kecepatan 200 epm dan ketepatan 99%
3. Teknik Mengetik system 10 Jari dengan Cepat dan Tepat:
a. Penguasaan Tuts dasar, Tuts Atas, Tuts Bawah, Tuts Angka dan tanda
baca
b. Mengetik naskah dengan kecepatan mulai dari 50 epm sampai dengan 200
epm, dengan tepat 100%
|
Mengamati
Mengamati beberapa kondisi
tentang K3, ergonomic : ruang
kerja, sikap duduk dan letak jari; bentuk dan ukuran kursi, tempat istirahat
kaki; posisi layar; keyboard dan mouse,
dokumen, radiasi layar komputer, pencahayaan, dan kebisingan
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan
hal yang berkaitan dengan pengetikan
10 jari
Eksperimen/explore
Menggunakan tuts-tuts yang digunakan
dalam pengetikan
Asosiasi
(menalar)
Menjelaskan konidisi atau dampak yang ditimbulkan akibat
kesalahan dalam
duduk, mengetik.
Komunikasi
Mempresentasikan
tata
cara mengetik 10 jari dan menjelaskan dampak akibat kesalahan dalam duduk, mengetik.
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengan penmgetikan (keyboarding)
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan pengetikan di kantor
Portofolio
Laporan
tertulis tentang proses pengetikan di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang tata cara mengetik
(keyboarding)
|
7 x 5 JP
|
||||
3.2 Mengidentifikasi
cara mengoperasikan Microsoft Word
4.2. Mengoperasikan
cara kerja Microsoft Word
|
·
MS Word
o
Mulai bekerja dengan MS Word
o
Membuat format dokumen
o
Membuat format teks dan paragraph
o
Membuat Format Tabel dan mengolah
o
Membuat Mail Merge
o
Menggunakan Warna dan objek
o
Mencetak File Dokumen
|
Mengamati
Mengamati bagaimana cara kerja dengan
MS Word, Membuat format dokumen, Membuat format teks dan paragraph, Membuat
Format Tabel, mengolah, Membuat Mail Merrge, Menggunakan Warna dan objek dan
Mencetak File Dokumen di sekolah atau di
kantor terdekat
Menanya
Memberikan kesempatan siswa menanyakan hal yang
berkaitan dengan cara
kerja MS Word.
Eksperimen/explore
Praktik
cara menggunakan semua
tombol keyboard
Asosiasi
Menjelaskan tentang cara kerja MS lainnya yang memiliki
kesamaan dengan MS Word.
Komunikasi
Mempresentasikan cara
kerja dengan S Word.
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengan prosedur penanganan
pekerjaan kantor
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan kantor
Portofolio
Laporan
tertulis tentang SOP di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
o
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
6 X 5 JP
|
o
|
|||
3.3.
Menguraikan cara mengoperasikan
Microsoft Excel
4.3.
Mempraktikkan cara mengoperasikan
Microsoft Excel
|
·
MS Excel
o
Mulai bekerja dengan MS Excel
o
Membuat Format Wordbook
o
Membuat Format Tabel
o
Membuat Format data Tabel
o
Mengolah Data Tabel dan Grafik
o
Menggunakan warna dan objek
o
Mencetak File Workbook
|
Mengamati
Mengamati Mulai bekerja dengan
MS Excel, Membuat Format Wordbook, Membuat Format Tabel, Membuat Format data
Tabel, Mengolah Data Tabel dan Grafik, Menggunakan warna dan objek, Mencetak
File Workbook di sekolah atau di kantor terdekat
.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik
menanyakan hal yang berkaitan dengan cara kerja MS Excel
Eksperimen/explore
Menggunakan rumus-rumus MS Excel
Asosiasi
Menjelaskan aplikasi lain yang meiliki kesamaan dengan MSel.
Komunikasi
o
Mempresentasikan
cara
kerja MS Excel
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengan prosedur penanganan
pekerjaan kantor
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan kantor
Portofolio
Laporan
tertulis tentang SOP di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
o
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
7 X 5 JP
|
o
|
|||
Semestar 2
3.4 Menguraikan
cara mengoperasikan
Microsoft Power Point
4.4 Mengoperasikan
Microsoft Power Point
|
·
MS Power Point
o
Mulai bekerja dengan MS Power Point
o
Membuat Format Presentasi
o
Membuat Format Teks
o
Membuat Format Tabel
o
Menggunakan warna dan objek
o
Membuat format penampilan Slide
o
Mencetak File presentasi
|
Mengamati
Mengamati Mulai bekerja dengan
MS Power Point, Membuat Format , Presentasi, Membuat Format Teks, Membuat
Format Tabel, Menggunakan warna dan objek, Membuat format penampilan Slide,
Mencetak File presentasi
Menanya
Memberikan kesempatan siswa menanyakan hal yang
berkaitan dengan cara
kerja MS power point
Eksperimen/explore
Menggunakan aplikasi MS power point pada berbagai bidang
kehidupan
Asosiasi
Menjelaskan aplikasi lain yang memiliki kesamaan dengan MS
power point misalnya: Prezi
Komunikasi
Mempresentasikan cara
kerja MS power point
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengan materi yang dipresentasikan melalui
power point
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan kantor
khususnya dengan pekerjaan yang menggunakan power point
Portofolio
Laporan
tertulis tentang penggunaan power point di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang MS power point
|
5 X 5 JP
|
||||
3.5 Menguraikan cara mengoperasikan Microsoft
Publisher
4.5 Mempraktikkan cara mengoperasikan Microsoft
Publisher
|
·
MS Publisher
o Mulai bekerja dengan MS Publisher
o Langkah kerja MS Publisher
o Mencetak File MS Publisher
|
Mengamati
Mengamati cara kerja Mulai
bekerja dengan MS Publisher, Langkah kerja MS Publisher, Mencetak File MS
Publisher
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan
hal yang berkaitan dengan pembuatan
MS Publisher
Eksperimen/explore
Menggunakan simbol-simbol yang digunakan MS Publisher
Asosiasi
Menjelaskan akibat kesalahan dalam mengerjakan materi
dengan MS Publisher.
Komunikasi
Mempresentasikan Cara
kerja MS Publisher
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengan prosedur penanganan
pekerjaan kantor
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan kantor
Portofolio
Laporan
tertulis tentang penggunaan MS publisher di kantor terdekat secara berkelompok
Tes
Tes Praktik
dan tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang MS Publisher
|
5 X 5 JP
|
||||
3.6
Menguraikan cara mengoperasikan
webside
4.6
Mempraktikkan cara mengoperasikan
webside
|
·
Internet dan E-mail
o
Akses internet
o
Pengertian tentang HTML
o
Penggunaan perangkat lunak untuk menciptakan web
site
o
E-mail dengan ISP
o
Mengenal Aneka TIP (Install Font, Print Out,
Menentukan jumlah Worksheet atau Workbook, dan tampilan halaman web dalam Home
Page
|
Mengamati
Mengamati penggunaan dan
pengoperasian Webside di sekolah atau
di kantor terdekat.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan
hal yang berkaitan dengan cara mengoperasikan webside
Eksperimen/explore
Mendemontrasikan
cara kerja webside kepada teman sekelas secara individual atau kelompok
Asosiasi
Menjelaskan fasilitas lain yang memiliki kesamaan dengan
cara kerja internet email dan lain-lain.
Komunikasi
Mempresentasikan cara
kerja webside secara berkelompok
|
Tugas
Memecahkan
masalah sehari-sehari berkaitan dengan prosedur penanganan
pekerjaan kantor
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan kantor
Portofolio
Laporan
tertulis tentang SOP di Dunia Kerja secara berkelompok
Tes
o
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
5 x 5 JP
|
o
|
|||
3.7
Menjelaskan cara memproduksi dokumen/lembar kerja sederhana
4.7 Mengoperasikan cara memproduksi
dokumen/lembar kerja sederhana
|
·
Tata Cara pengetikan dokumen panjang maupun
pendek seperti:
o
Surat, memo dan sampulnya
o
Kartu nama, ucapan, undangan, barang, dll
o
Surat/piagam penghargaan,
o
Brosur, calendar,
o
Simbol rumus atau nilai statistik
o
Laporan, daftar isi, daftar pustaka, dll
·
Tata cara mengetik dan mengolah data tabel dan
grafik dengan menggunakan
fungsi-fungsi:
o
Statistik
o
Logika
o
Lookup
o
Smart Art
·
Tata Cara
mengetik Bahan tampilan slide Presentasi dengan cara:
o
Memformat presentasi
o
Memformat Teks
o
Memformat table
o
Memfaatkan Smart Art
o
Memformat penampilan Slide secara transisi,
animasi, sound effect
|
Mengamati
Mengamati
beberapa cara
memproduksi lembara kerja di sekolah atau di
kantor terdekat.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik
menanyakan hal yang berkaitan dengan cara
pengetikan dokumen panjang maupun pendek
Eksperimen/explore
Mencoba
mengetik dokumen-dokumen seperti memo, kartu nama, kartu undangan dan
lain-lain secara individual
Asosiasi
Menjelaskan cara pengetikan bahan tampilan presentasi dengan
memanfaatkan Smart Art dan lain-lain.
Komunikasi
Mempresentasikan cara
memproduksi dokumen/lembar kerja sederhana.
|
Tugas
Membuat
tulisan untuk Kartu Nama atau kartu ucapan dan lain-lain dengan menggunakan
fasilitas computer secara berkelompok
Observasi
Ceklist
lembar pengamatan kegiatan pengerjaan dokumen sederhana
Portofolio
Laporan
tertulis tentang cara membuat dokumen secara berkelompok
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang cara memproduksi dokumen/lembar kerja sederhana
|
5 X 5 JP
|
o
|
|||