RPP BAHASA INGGRIS SMK KELAS XI SEMESTER 1 KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

A.      NAMA SEKOLAH               : SMK 4 PGRI  KOTA SERANG
B.      MATA PELAJARAN           : BAHASA INGGRIS
C.      KELAS/SEMESTER             : XI/3 (Tiga)
D.      MATERI POKOK                  : PERSONAL LETTER
E.       ALOKASI WAKTU              :2 JP (2 X 45)
F.       KOMPETENSI INTI            :
K1 1        : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
K1 2`      : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab peduli
(Gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan  diri sebagai crminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K1 3        : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual procedural berdasrkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya  untuk memecahkan masalah.
K1 4        : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

G.     KOMPETENSI DASAR
3.5          Menganalisis fungsi structural teks dan unsur  kebahasaan dari teks surat pribadi sesuai dengan konteks penggunaannya
 4.7         Menangkap makna teks surat pribadi
4.8          Menyusun teks surat pribadi dengan memperhatikan fungsi social, structural teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

H.      INDIKATOR
a.       Siswa memahami fungsi social, struktur sosial dan unsur kebahasaan dari teks pribadi
b.      Siswa mengidentifikasi fungsi social, struktur teks dan unsure kebahasaan dari teks surat pribadi
c.       Siswa menerapkan fungsi social, struktur teks dan unsure kebahasaan dari teks surat pribadi

I.        TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa terampil membuat teks surat pribadi dan siswa mampu menangkap makna teks surat pribadi dengan memperhatikan fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan menunjukan prilaku jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab.

J.        MATERI
T o hery
Hi hery,
K.      METODE  PEMBELAJARAN
1.       Pendekatan                               : Scientific approach
2.       Model                           : Discovery Learning
3.       Teknik                           : Role play

L.       MEDIA
1.       Media                                           : Teks surat
2.       Alat                                                                : 
3.       Sumber Pembelajaran           : kurikulum 2013, internet, Majalah bahasa inggris (

M.    SUMBER  PEMBELAJARAN
Sumber Pembelajaran   : kurikulum 2013

N.      LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
1)      Kegiatan Pendahuluan
Guru
Siswa
Waktu
a.         Mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.         Memberikan motivasi belajar
c.          Member brainstorming berupa pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan seperti :
-   What are you going to do in the rest time today ?
-   Suppose you have graduated from this school now. What are you going to do ?
d.         Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
(Based on my questions previously, now, please guess ! what topic are we going to discuss today?)
e.         Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
(yaitu materi tentang ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, bagaimana fungsi social, struktur teks, unsure kebahasaan dan tata bahasa, intonasi. Tekanan kata dsb.

a.       Mengucapkan salam dan berdoa bersama